STUDI KELAYAKAN JALAN DITINJAU DARI KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR JALAN PALUR-SRAGEN-MANTINGAN DI SRAGEN KM. 17+800 s/d KM. 25+925
DOI:
https://doi.org/10.69796/gze1xe23Keywords:
IRI, PCI, Metode, KerusakanAbstract
Ruas jalan Palur-Sragen-Mantingan merupakan jalan nasional dan berfungsi sebagai jalan arteri, panjang jalan ± 43,00 Km merupakan bagian dari jalur tengah Pulau Jawa yang menghubungkan kota-kota penting di Pulau Jawa. Kerusakan-kerusakan sering terjadi di jalan Palur-Sragen-Mantingan tentunya akan sangat berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan pengguna jalan. Penilaian atau evaluasi terhadap kondisi permukaan jalan merupakan salah satu tahapan untuk menentukan jenis program evaluasi dan sangat diperlukan sebelum dilakukan perawatan dan perbaikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi jalan dengan beberapa metode dan hubungan kedekatan antara metode-metode yang dipakai.
Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian kondisi jalan adalah metode IRI (International Roughness Index), metode PCI (Pavement Condition Index), metode survey lalulintas . Metode yang digunakan adalah analisis dengan data primer dan sekunder berupa hasil dari data kerusakan jalan.Urutan prioritas penanganan jalan dengan metode IRI didasarkan pada rentang nilai 0 sampai lebih 7, untuk metode PCI merangking kondisi perkerasan dari nilai 0 sampai 100, data uji CBR (California Bearing Ratio) pada lapis atas, sedangkan survey lalulintas dilakukan agar mengetahui rata-rata lalulintas lewat setiap hari.
Hasil pengolahan data ini mengetahui jenis kerusakan yang terjadi pada jalan yaitu retak kotak-kotak, pelepasan butir, sungkur (shoving), lubang, kegemukan, mengembang jembul, patah slip, pengausan agregat dan tambalan. Kerusakan terbesar yaitu kerusakan sungkur (shoving) dengan luas 593,01 m2 dan diperoleh nilai PCI (California Bearing Ratio) rata-rata sebesar 42,56 atau kondisi sedang (fair).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JUTSU : Jurnal Teknik Sipil Unpand
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.